Profil Lulusan

Lulusan D3 Manajemen Usaha Peternakan mempunyai keunggulan sebagai berikut :

1. Sebagai tenaga ahli madya bidang manajemen skills usaha peternakan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral Pancasila.

2. Mampu mengikuti perkembangan teknologi bidang peternakan dan menjabarkan program menjadi rencana kerja, membuat perhitungan produksi dan biaya di bidang peternakan khususnya ternak kawasan tropis.

3. Mampu mengembangkan komunikasi dalam upaya memajukan usaha dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang peternakan.

Usaha-usaha program studi/jurusan mencarikan tempat kerja bagi lulusannya dalam hal:

No. Jenis Upaya Keterangan (Jelaskan lembaga, waktu pelakasanaan, pihak yang diundang, atau bentuk kerjasama)   
1. Memberikan informasi tentang kesempatan bekerja di berbagai instansi pemerinta/swasta kepada mahasiswa / lulusan. Lembaga pemerintah dan swasta dengan waktu pelaksanaan 1 waktu kemudian diperbarui kembali dan pihak yang diundang antara lain : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang. Pemerintah Kabupaten Semarang, CV. Cita Nasional, UD. Berkah Intan Sentosa dan KSU .Andini luhur. 
2. Membentuk wadah untuk mengumpulkan informasi tentang kesempatan kerja dan membantu lulusan memperoleh pekerjaan (Job placement center).  Saat ini di Program Studi D3 MUP belum terbentuk wadah mengenai lowongan pekerjaan, namun setiap informasi yang masuk pada Program Studi D3 MUP diinformasikan kepada alumni waktu pelaksanaan 1 tahun kemudiana dan pihak swasta seperti CV. Cita Nasional, UD. Berkah Intan Sentosa dan KSU .Andini luhur. 
3. Mengundang pihak yang memerlukan tenaga lulusan ke kampus untuk memberi penjelasan tentang kesempatan kerja. Pihak swasta yang memerlukan tenaga kerja mengadakan seleksi penerimaan tenaga kerja di kampus sehingga alumni dapat lebih mudah mengetahui dan memperoleh pekerjaan waktu pelaksanaan 1 tahun kemudian diperbarui kembali dan pihak swasta  CV. Cita Nasional, UD. Berkah Intan Sentosa dan KSU .Andini luhur. 
4. Menawarkan kepada pihak-pihak yang dianggap memerlukan tenaga lulusan. Pihak swasta diundang untuk merekrut tenaga kerja lulusan D3 MUP waktu pelaksanaan 1 tahun kemudian diperbarui kembali dan pihak swasta seperti CV. Cita Nasional, UD. Berkah Intan Sentosa dan KSU .Andini luhur. 
5. Kerjasama anatara program studi/jurusan dengan pihak pengguna lulusan, Membuat MoU dengan instansi swasta yang memerlukan lulusan D3 MUP waktu pelaksanaan 1 tahun  kembali dan pihak swasta seperti CV. Cita Nasional, UD. Berkah Intan Sentosa dan KSU .Andini luhur. 

Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan adalah 3 bulan, namun pekerjaan yang diperoleh rata-rata belum sesuai dengan bidang ilmu sehingga masih diperlukan peningkatan kualitas alumni. Kualitas alumni yang baik dapat membuat alumni berusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri (wirausaha) sehingga tidak tergantung pada pemerintah maupun swasta/ Data ini diperoleh dari wawancara langsung dengan alumni, pengiriman kuesioner, telepon, sms, dan email.

Partisipasi Alumni

Partisipasi alumni Program Studi D3 Manajemen Usaha Peternakan yang dihimpun menginduk pada Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip kompartemen Fakultas Peternakan dan Pertanian). Kegiatan himpunan alumni, diantaranya adalah: Pertemuan rutin alumni yang dikemas dalam acara temu alumni. Pada acara ini selain temu alumni kangen menjalin silaturahmi , alumni juga memberikan bantuan untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang kegiatan akademik. Selain itu alumni juga memberikan masukan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan almamater. Himpunan alumni senantiasa dilibatkan dalam pengembangan dan pengkajian kurikulum program studi. Pada saat pengkajian kurikulum alumni dimintai masukan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan dan permintaan dunia industri.       

Kompetisi utama lulusan

Memiliki kemampuan profesional dan terampil dalam mengoperasikan usaha/industri dalam rangka agribisnis (peternakan) secara mandiri maupun kolektif (mampu menjabarkan program menjadi rencana kerja, membuat perhitungan produksi dan biaya, serta mampu mengembangkan komunikasi dalam upaya memajukan usahanya) untuk menghasilkan produk berkualitas yang berkelanjutan dan ramah lingkungan serta bermanfaat dalam meningkatkan taraf kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Kompetensi pendukung lulusan

Mampu bersikap, berperilaku dan membawa diri dalam berkarya dan berwirausaha di bidang peternakan dan berkehidupan bersama masyarakat.

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Memilim kemampuan tambahan selain kompetensi utama dalam berkarya  Catatan : Pengertian tentang kompetensi utama pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kememdiknas No.045/2002 Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat Kepmendiknas No.045/U/2002.